π‹π€ππŽπ‘π€π“πŽπ‘πˆπ”πŒ 𝐓𝐄𝐑𝐏𝐀𝐃𝐔

/ backLang.Laboratorium_Jurusan

backLang.Laboratorium_Jurusan

FARMASI

Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Bandung merupakan program studi D-III Negeri pertama dan satu-satunya di Kota Bandung. Bertempat di Jalan Jalan Prof. Eyckman No.24, Bandung. Sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran dan praktikum, terdapat 7 laboratorium yang berada di Jurusan Farmasi yaitu:

      1.    Laboratorium Farmakologi

Laboratorium Farmakologi digunakan untuk kegiatan praktikum maupun penelitian mengenai efek farmakologi, efek toksisitas, efek farmakokinetik zat obat atau tumbuhan dengan menggunakan hewan uji seperti mencit, marmut, katak, maupun kelinci.

      2.    Laboratorium Teknologi Farmasi

Laboratorium ini dapat digunakan mahasiswa untuk mempraktikkan teknologi pengolahan dan pengembangan bahan baku hingga menjadi suatu sediaan farmasi yang dapat digunakan. Mahasiswa dapat mempelajari cara pembuatan suatu sediaan farmasi yang meliputi proses pengolahan bahan baku hingga proses pengujian kualitas sediaan farmasi yang dibuat. Sediaan farmasi yang dihasilkan dapat berupa sediaan tablet, kapsul, sirup, emulsi, suspensi, salep, krim, gel, supositoria, dan sediaan farmasi lain.

 

      3.    Laboratorium Fitokimia

Kegiatan praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Fitokimia bertujuan agar mahasiswa lebih memahami terkait bahan alam yang dapat digunakan sebagai bahan obat. Kegiatan praktikum dapat dimulai dari mengumpulkan, mengidentifikasi, hingga mengisolasi, serta mengkarakterisasi dan standarisasi simplisia dan ekstraksi sampel bahan alam.

       4.    Laboratorium Kimia

Laboratorium kimia digunakan untuk kegiatan praktik di bidang ilmu kimia, meliputi kimia dasar, kimia analitik, kimia organik dan biokimia. Pengujian yang dapat dilakukan di laboratorium ini meliputi uji penetapan kadar bahan baku obat dan obat dalam sediaan farmasi, uji cemaran dan bahan berbahaya dalam sediaan, hingga pengembangan metode kimia analisa farmasi.


       5.    Laboratorium Mikrobiologi

Laboratorium mikrobiologi merupakan laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktik berupa pengamatan dan penelitian di bidang ilmu mikrobiologi. Mahasiswa dapat mempelajari tentang mikroba, jamur dan bakteri serta cemarannya di dalam makanan, minuman maupun sediaan.

 

       6.    Laboratorium Instrumentasi

Laboratorium instrumentasi merupakan salah satu laboratorium yang ada di jurusan farmasi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung yang berisi alat-alat instrumen yang dapat digunakan untuk kegiatan praktikum dan penelitian. Di dalam laboratorium ini terdapat instrumen seperti spektrofotometer, pH meter, timbangan analitik, melting point apparatus dan polarimeter.

 

       7.    Laboratorium Steril

Laboratorium ini mensimulasikan lingkungan yang berada di industri farmasi steril agar mahasiswa dapat menerapkan persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dalam pembuatan sediaan steril.

 

       8.    Apotek Pendidikan (Simulasi Pelayanan Kefarmasian)

Apotek Pendidikan digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi calon tenaga teknis kefarmasian sebagai tempat praktik untuk memberikan pelayanan kefarmasian seperti cara pemberian informasi obat yang benar untuk pasien.