π‹π€ππŽπ‘π€π“πŽπ‘πˆπ”πŒ 𝐓𝐄𝐑𝐏𝐀𝐃𝐔

/ backLang.Laboratorium_Jurusan

backLang.Laboratorium_Jurusan

KEPERAWATAN BANDUNG

Jurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung merupakan institusi pendidikan tinggi keperawatan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat D III Keperawatan, Sarjana Terapan Keperawatan dan Program Profesi Ners.

 

Laboratorium Keperawatan Bandung terdiri dari berbagai jenis yaitu sebagai berikut:


      1.    Laboratorium Keperawatan Dasar

Laboratorium ini memfasilitasi untuk kegiatan praktikum keperawatan dasar dengan metode Demonstrasi dan Simulasi yang berhubungan dengan pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia (KDM) meliputi oksigenasi, cairan nutrisi, eliminasi, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, aman dan nyaman. Praktikum ini dilakukan secara optimal sebelum praktik di Rumah Sakit.


      2.    Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah

Laboratorium ini memfasilitasi untuk kegiatan praktikum prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan medikal bedah dengan metode Demonstrasi dan Simulasi mencakup berbagai sistem pada tubuh manusia meliputi sistem pernafasan, sistem perkemihan dan metabolik sistem endokrin, sistem pencernaan, sistem muskuloskeletal, sistem saraf, sistem integumen dan sistem imunitas. Praktikum ini dilakukan secara optimal sebelum praktik di Rumah Sakit.


       3.    Laboratorium Keperawatan Anak

Laboratorium ini memfasilitasi untuk kegiatan praktikum dengan metode Demonstrasi dan Simulasi dalam latihan menerapkan keterampilan tindakan keperawatan anak pada bayi atau anak sehat, anak sakit, bayi beresiko tinggi sesuai dengan usia tumbuh kembangnya.  Selain itu juga mempelajari terapi bermain. Praktikum ini dilakukan secara optimal sebelum praktik di Rumah Sakit.


       4.    Laboratorium Keperawatan Maternitas

Laboratorium ini memfasilitasi untuk pelaksanaan asuhan atau praktek keperawatan pada Ibu Hamil (pemeriksaan fisik, pendidikan kesehatan, dan senam hamil), Ibu postpartum (perawatan, pendidikan kesehatan menyusui ASI eksklusif, KB, perawatan bayi), dan ibu dengan gangguan reproduksi (pemeriksaan fisik, pendidikan kesehatan haid dan permasalahan penyakit organ reproduksi, tindakan Pap Smear, pemasangan IUD dan IVA). Praktikum ini dilakukan secara optimal sebelum praktik di Rumah Sakit.


       5.    Laboratorium Keperawatan Komunitas

Laboratorium ini memfasilitasi untuk kegiatan praktikum tindakan keperawatan gerontik dan keluarga dengan metode Demonstrasi dan Role Play. Praktikum ini dilakukan secara optimal sebelum praktik di Puskemas atau Masyarakat.


       6.    Laboratorium Keperawatan Jiwa

Laboratorium ini memfasilitasi Praktikan untuk melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan kecemasan, kehilangan dan berduka, gangguan konsep diri, harga diri rendah, isolasi sosial, halusinasi, resiko perilaku kekerasan, defisit perawatan diri. Selain itu mempelajari Tindakan Terapi Modalitas (TAK dan Psikofarmaka).


       7.    Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat

Laboratorium ini memfasilitasi untuk kegiatan praktikum pelaksanaan prosedur Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada situasi gawat darurat atau bencana serta prosedur tindakan bencana meliputi inisiasi awal bencana dan evakuasi serta transportasi korban.


       8.    Laboratorium Bahasa

       9.    Laboratorium Komputer

 

 


2022-04-27
Kunjungan : 1175

Bagikan :