π‹π€ππŽπ‘π€π“πŽπ‘πˆπ”πŒ 𝐓𝐄𝐑𝐏𝐀𝐃𝐔

/ backLang.Laboratorium_Jurusan

backLang.Laboratorium_Jurusan

KEPERAWATAN GIGI

Jurusan Keperawatan Gigi merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung. Beralamat di Jalan Prof. Eyckman Nomor 40, Pasteur, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat. Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung menjadi satu-satunya institusi perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat Diploma III dan Sarjana Terapan di Kota Bandung.

 

Laboratorium pendidikan memiliki peran sangat penting sebagai sarana pendukung dalam kegiatan pembelajaran dan praktikum mahasiswa, terutama bagi mahasiswa pendidikan vokasi yang dituntut untuk lebih meningkatkan keterampilan (skill). Jurusan Keperawatan Gigi memiliki 6 (enam) laboratorium pendidikan untuk mendukung terlaksananya kegiatan pengajaran dan praktikum sehari-hari, yaitu sebagai berikut :

 

1.    Laboratorium Pelayanan Asuhan (Klinik)

Laboratorium Pelayanan Asuhan (Klinik) digunakan oleh mahasiswa Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan untuk memfasilitasi pelaksanaan praktikum mata kuliah :

a.    Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut Individu

b.    Preventive Dentistry

c.    Pendidikan Kesehatan Gigi

d.    Komunikasi dalam Keperawatan Gigi

e.    Pengendalian Infeksi Silang

f.     Pencabutan Gigi

Pada mahasiswa Program Studi Diploma III (Semester V dan VI) dan Program Studi Sarjana Terapan (Semester VI) kegiatan praktikum untuk mata kuliah Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut Individu, Preventive Dentistry, Pendidikan Kesehatan Gigi, dan Komunikasi dalam Keperawatan Gigi dilakukan pelaksanaan pelayanan kesehatan gigi kepada pasien secara holistik dan komprehensif. Setelah selesai memberikan pelayanan, mahasiswa melaksanakan praktikum mata kuliah Pengendalian Infeksi Silang terhadap alat kesehatan gigi dan ruangan yang telah digunakan.

Pada mahasiswa Program Studi Diploma III dan Program Studi Sarjana Terapan Semester IV, kegiatan praktikum untuk mata kuliah Preventive Dentistry mulai melaksanakan pelayanan kedokteran gigi pencegahan langsung kepada pasien berupa tindakan skaling, topikal aplikasi, dan fissure selant.

Pada mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Semester V dan VII, kegiatan praktikum untuk mata kuliah Kuratif Terbatas dilaksanakan bersamaan dengan Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut Individu, Pendidikan Kesehatan Gigi, Komunikasi dalam Keperawatan Gigi dan Pengendalian Infeksi Silang.

 

2.    Laboratorium Preklinik

Laboratorium Preklinik digunakan oleh mahasiswa Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan untuk memfasilitasi pelaksanaan praktikum mata kuliah :

a.    Dental Anatomi, yaitu dengan kegiatan praktikum determinasi bagian-bagian gigi.

b.    Preventive Dentistry, kegiatan praktikumnya meliputi :

1)    Skaling pada dental simulator dan fissure sealant pada phantom.

2)    Pemeriksaan Indeks Kebersihan Gigi dan Mulut, Indeks Gingiva dan Skaling yang dilaksanakan antar teman di kursi unit pada Laboratorium Preklinik.

c.    Instrumentasi dan Dental Equipment/PPAKG, yaitu melaksanakan kegiatan praktikum determinasi alat-alat kesehatan gigi.

d.  Konsep Dasar Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut, yaitu melaksanakan kegiatan praktikum diskusi memecahkan masalah dari kasus kesehatan gigi dan mulut.

e.  Pengendalian Infeksi Silang, yaitu melaksanakan kegiatan praktikum yang meliputi desinfeksi dan sterilisasi. Desinfeksi dilakukan pada dental unit dan ruangan, boiling, serta desinfeksi kimia. Sterilisasi dilakukan pada alat kesehatan gigi menggunakan alat sterilisasi autoclaf, panci tekan, dry heat, dan bahan kimia.

f.   Patologi Rongga Mulut/Penyakit Gigi dan Mulut, yaitu melaksanakan praktikum pemeriksaan kesehatan rongga mulut antar teman yang dilakukan di kursi unit.

g.  Dental Material, yaitu melaksanakan kegiatan praktikum pengenalan dan cara manipulasi bahan-bahan kedokteran gigi.

 

3.    Laboratorium Histologi dan Mikrobiologi

Laboratorium Histologi dan Mikrobiologi digunakan oleh mahasiswa Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan untuk memfasilitasi pelaksanaan praktikum mata kuliah :

a.    Histologi

b. Mikrobiologi (praktikum dilaksanakan di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik Poltekkes Kemenkes Bandung)

 

4.    Laboratorium Anatomi Fisiologi dan Kebutuhan Dasar Manusia

Laboratorium Anatomi Fisiologi dan Kebutuhan Dasar Manusia digunakan oleh mahasiswa Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan untuk memfasilitasi pelaksanaan praktikum mata kuliah :

a.    Biomedik Dasar

b.    Anatomi dan Fisiologi

c.    Anatomi Kepala dan Leher

d. Kebutuhan Dasar Manusia (praktikum dilaksanakan di Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Bandung)

 

5.    Laboratorium Konservasi

Laboratorium Konservasi digunakan oleh mahasiswa Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan pada semester III dan IV untuk memfasilitasi pelaksanaan praktikum mata kuliah Konservasi Gigi. Kegiatan praktikum meliputi praktik restorasi gigi yang terdiri dari tahapan preparasi dan penambalan gigi yang dilakukan mahasiswa secara langsung pada dental simulator.

 

6.    Laboratorium Promotif

Laboratorium Promotif digunakan oleh seluruh Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan untuk memfasilitasi pelaksanaan praktikum mata kuliah :

a.  Media Pembelajaran, yaitu melaksanakan pembuatan media belajar seperti video, flipchart, powerpoint, leaflet, dan lain-lain.

b. Pendidikan Kesehatan Gigi, yaitu melaksanakan pembuatan satuan pelajaran (satpel) dan simulasi penyuluhan.

c.    Promosi Kesehatan, yaitu melaksanakan pembuatan satuan pelajaran (satpel) dan simulasi penyuluhan.

d.    Manajemen Kesehatan Gigi Masyarakat, yaitu melaksanakan pembuatan satuan pelajaran (satpel) .

e.  Teknologi Informasi, yaitu melaksanakan praktikum pembuatan rekam medik dan penunjang media lainnya. 


 

2022-04-27
Kunjungan : 3454

Bagikan :